Sabtu, 13 April 2013

Perbedaan Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif



PERBEDAAN DESAIN PENELITIAN KUANTITATIF
DAN
DESAIN PENELITIAN KUALITATIF

Desain penelitian adalah rencana atau strategi yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian (menguji hipotesis) dan mengontrol variabel sekunder. Desain penelitian menurut Mc Millan dalam Ibnu Hadjar adalah rencana dan struktur penyelidikan yang digunakan untuk memperoleh bukti-bukti empiris dalam menjawab pertanyaan penelitian.  Definisi lain mengatakan bahwa desain (design) penelitian adalah rencana atau rancangan yang dibuat oleh peneliti, sebagai ancar – ancar kegiatan yang akan dilaksanakan.


  • Desain Penelitian Kuantitatif

Pada dasarnya, desain dalam penelitian kuantitatif meliputi penentuan pemilihan subjek dari mana informasi atau data akan diperoleh, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, prosedur yang ditempuh untuk pengumpulan, serta perlakuan yang akan diselenggarakan (khusus untuk penelitian eksperimental). Desain penelitian kuantitatif juga mementingkan adanya variabel-variabel sebagai obyek penelitian dan variabel-variabel tersebut harus didefenisikan dalam bentuk operasionalisasi variabel masing-masing dan pemahaman dari luar (outward).  Reliabilitas dan validitas merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi dalam menggunakan penelitian ini karena kedua elemen tersebut akan menentukan kualitas hasil penelitian dan kemampuan replikasi serta generalisasi penggunaan model penelitian sejenis. Selanjutnya, penelitian kuantitatif memerlukan adanya hipotesis dan pengujiannya yang kemudian akan menentukan tahapan-tahapan berikutnya, seperti penentuan teknik analisis dan formula statistik yang akan digunakan. Penelitian ini juga lebih memberikan makna dalam hubungannya dengan penafsiran angka statistik bukan makna secara kebahasaan dan kulturalnya. Berdasarkan desainnya, penelitian kuantitatif dapat diklasifiasikan menjadi tiga:
a.    desain deskriptif
b.    desain eksperimental
c.    desain ex post facto
 Masing-masing desain tersebut cocok untuk jenis pertanyaan penelitian atau masalah tertentu, tetapi tidak untuk yang lain.


  • Desain Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif sama seperti kajian kuantitatif yang membutuhkan rencana untuk memilih situs dan partisipan dan untuk menghimpun data. Rencana penelitian kualitatif tidak seperti penelitian kuantitatif , mengacu pada “desain darurat” (emergent design) atau “desain percobaan” (tentative design).  Dalam desain tersebut, setiap penambahan keputusan penelitian tergantung pada informasi sebelumnya. Desain darurat, dalam kenyataannya tampak “beredar” atau “berputar” (circular), karena proses sampling yang bertujuan (purposeful sampling), penghimpunan data, dan analisis data parsial dilakukan simultan dan interaktif, bukan langkah-langkah berurutan yang berlainan. Peneliti kualitatif sama berkepentingan terhadap validitas desain seperti penelitian kuantitatif, tetapi metode yang digunakan untuk membangun validitas intern dan validitas eksternnya (jauh) berbeda.
Desain penelitian kualitatif pada umumnya tidak mengemukakan hipoteses yang harus dites, tetapi lebih sering berupa pertanyaan penelitian yang lebih mengarahkan pada ketercapaian pegumpulan data secara langsung. Berbeda dengan Desain penelitian kuantitatif yang memerlukan adanya hipotesis dan pengujiannya yang kemudian akan menentukan tahapan-tahapan berikutnya, seperti penentuan teknik analisis dan formula statistik yang akan digunakan.


  • Pengujian Validitas dan Reabilitas Penelitian Kualitatif

Dalam pengujian keabsahan data, metode penelitian kualitatif menggunakan istilah yang berbeda dengan penelitian kuantitatif. Perbedaan tersebut ditunjukkan dalam tabel 1.1 berikut:


Tabel 1.1 Perbedaan Istilah Dalam Pengujian Keabsahan Data Antara Metode Kualitatif dan Kuantitaif
Aspek
Metode Kualitatif
Metode Kuantitatif
Nilai Kebenaran
Validitas Internal
Kredibiltas (Credibility)
Penerapan
Validitas Eksternal (Generalisasi)
Transferability/ Keteralihan
Konsistensi
Reabilias
Auditability, Dependability
Natralitas
Obyektivitas
Confirmability (dapat dikonfirmasi)


Daftar Pustaka

Sarwono, Jonathan,. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu, 2006.
Asim, Dr. M.Pd, Sistematika Penelitian Pengembangan. Malang : Lembaga Penelitian-Universitas Negeri Malang, 2001.
Prof. Dr. Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF
dan R&D, Alfabeta, Bandung: 2006
      (http://www.scribd.com/doc/30385686/Desain-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif)
 (http://rakim-ypk.blogspot.com/2008/06/desain-penelitian.html)
Prof. Dr. Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF
dan R&D, Alfabeta, Bandung: 2006

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar